menara kl

Wisata di Kuala Lumpur yang Terpopuler

26/09/2017
Wisata

Malaysia bisa menjadi destinasi pilihan bagi kamu yang ingin mencoba perjalanan ke luar negeri untuk pertama kali. Selain jaraknya dekat, liburan pun akan lebih menyenangkan karena tak ada kendala bahasa. Berbagai moda transportasi bisa didapat dengan mudah dan murah,sehingga kamu akan nyaman saat di perjalanan. Bagi yang berencana pelesiran, ada baiknya kamu menyimak ulasan rekomendasi tempat wisata di Kuala Lumpur berikut ini:

Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas

Liburan ke Kuala Lumpur terasa kurang lengkap tanpa mengunjungi Menara Kembar Petronas (KLCC/Kuala Lumpur City Central). Di sini, kamu bisa berfoto dengan latar menara kebanggaan warga lokal itu. Setelah puas dengan hasil foto, coba nikmati pemandangan Kuala Lumpur dari Sky Bridge (jembatan penghubung kedua menara) di lantai 41 dan observatory deck di lantai 86 dengan membayar tiket masuk sebesar RM84.80 (dewasa) dan RM32 (anak-anak).

Bila kamu liburan bersama si kecil, pastikan pula mengunjungi Petrosains di lantai 4. Petrosains merupakan tempat belajar tentang sains dan teknologi dengan cara yang menyenangkan untuk anak-anak. Kamu perlu membayar tiket masuk sebesar RM30 (dewasa) dan RM18 (anak-anak).

Spot favorit saya adalah KLCC Park yang terletak di bagian belakang KLCC atau bagian depan Mall Suria KLCC. Ada taman tropis yang rindang, serta danau buatan dengan atraksi air mancur menari. Tak hanya itu, banyak pula pengunjung yang memanfaatkan fasilitas ini untuk berfoto, bersantai, bahkan jogging.

Akses terdekat:

  • LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun KLCC (KJ 10)
  • Bus KL Hop On-Hop Off, turun di KLCC Garden Park.

Batu Caves

Batu Caves

Bagi yang belum tahu, Batu Caves merupakan tempat ibadah umat Hindu Tamil yang terletak di dalam gua bukit batu kapur kawasan Gombak, Selangor. Yang membuat tempat ini menarik adalah hiasan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia (42,7 meter) yang berlapis emas. Ada juga Temple Cave yang merupakan gua utama yang bisa dicapai dengan menaiki 272 anak tangga.

Siapa saja bisa mengunjungi kuil ini secara gratis asalkan mengenakan pakaian yang sopan. Kamu pun dapat melihat prosesi ibadah di kuil secara langsung. Bila kamu menyukai olahraga ekstrem, cobalah mengunjungi Dark Cave (sebelum Temple Cave) untuk ikut tur edukasi mengeksplor gua. Kamu hanya perlu membayar RM35 (dewasa) dan RM28 (anak-anak di atas 12 tahun).

Akses terdekat: KTM Komuter jalur Seremban – Batu Caves dari KL Sentral, turun di stasiun Batu Caves (paling terakhir).

Dataran Merdeka

Dataran Merdeka

Bagi yang ingin berwisata sejarah, Dataran Merdeka adalah destinasi yang tepat. Lapangan ini cukup bersejarah bagi warga setempat karena menjadi saksi bisu pengibaran bendera Federasi Malaysia untuk pertama kali, sekaligus tanda lepasnya Malaysia dari jajahan Inggris pada 31 Agustus 1957. Pasca kejadian itu, Dataran Merdeka menjadi tempat memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia.

Hanya melihat lapangan mungkin terasa membosankan. Tapi, di kawasan ini terdapat banyak objek wisata yang bisa dinikmati gratis. Di antaranya adalah Masjid Jamek, Katedral St. Mary the Virgin, Museum Musik, hingga tulisan “I Love KL” yang menjadi spot berfoto wisatawan.

Ada pula KL City Gallery yang mengharuskan setiap pengunjung membayar tiket sebesar RM5. Isinya cukup menarik, kamu bisa melihat miniatur suasana Kuala Lumpur tempo dulu, sejarah Kuala Lumpur, dan sebagainya.

Gedung Sultan Abdul Samad

Gedung Sultan Abdul Samad

Tepat di depan Dataran Merdeka, kamu bisa melihat bangunan tua bergaya Maroko. Gedung Sultan Abdul Samad memiliki ciri khas kubah dari tembaga dan dinding bata mata. Selain itu, ada pula menara jam di bagian tengah gedung, sehingga membuat bangunan ini disebut Big Ben-nyan Malaysia.

Arsitekturnya yang unik membuat gedung ini menjadi objek fotografi di kalangan turis. Kamu bisa berfoto di depan gedung, sambil mengagumi pesona Gedung Sultan Abdul Samad yang menawan.

Akses terdekat:

  • LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun Masjid Jamek
  • Bus Hop On-Hop Off yang lewat Dataran Merdeka

Menara KL

Menara KL

Bangunan lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Menara Kuala Lumpur atau KL Tower. KL Tower sebenarnya merupakan menara telekomunikasi, namun juga menawarkan beragam kegiatan untuk wisatawan. Jika memiliki bujet lebih, tidak ada salahnya untuk melihat pemandangan Kuala Lumpur menggunakan teropong observasi di observation deck. Bila tertarik, kamu harus membayar RM52.

Aktivitas lain yang perlu dicoba adalah menantang keberanian di Sky Box. Dengan membayar tiket RM105, kamu bisa kamu bisa melihat pemandangan sekeliling kota 360 derajat dalam ruangan berkaca transparan. Selain itu, ada pula XD Teather, F1 Simulator, Mini Zoo, dan Blue Coral Museum yang digabungkan dalam satu paket seharga RM110.

Akses terdekat:

  • LRT jalur Kelana Jaya, turun di Stasiun Dang Wangi
  • Monorail, turun di Stasiun Bukit Nanas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *